Besok Siang Gerhana Matahari Cincin

Kamis, 14/01/2010

Jakarta - Ada sebuah peristiwa penting yang akan terjadi Jumat (15/1) sore besok. Gerhana matahari akan terjadi. Indonesia termasuk wilayah yang akan dilewati gerhana matahari cincin ini. Puncak gerhana diperkirakan pukul 15.55 WIB.

Gerhana ini disebut-sebut sebagai gerhana matahari cincin terlama di abad ini. Gerhana akan berlangsung selama 11 menit 8 detik. Gejala alam ini akan terjadi kira-kira pukul 14.39 hingga puncaknya terjadi pada pukul 15.55 WIB.

Beberapa wilayah yang dilewati gerhana antara lain, Afrika bagian tengah, Samudra Hindia dan sebagian wilayah Indonesia. Di Indonesia, gerhana bisa dilihat di Sumatra, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan dan sebagian wilayah di Sulawesi. Namun, gerhana di Indonesia, hanya bisa dilihat secara parsial atau sebagian saja.

Peneliti dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyebutkan masyarakat bisa menyaksikan gerhana matahari tanpa takut bisa merusak mata. Namun, tak boleh melihat langsung, karena bisa mengakibatkan kerusakan pada mata.(BEY) *Metrotvnews.com 140110

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Besok Siang Gerhana Matahari Cincin"

Posting Komentar